Kamis, 29 Oktober 2009

ARTI PENTING BELAJAR SEJARAH


Bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat memahami sejarahnya sendiri, karena tanpa memahami sejarah bangsanya maka bangsa tersebut akan menjadi kerdil, sehingga tidak dapat maju dan menjadi besar.Oleh karena itu, pemahaman dan kesadaran sejarah perlu mendapat perhatian serius dalam kehidupan beermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Presiden RI pertama Ir. Soekarno pernah mengungkapkan sebuah pesan kepada generasi muda, yaitu " Jas Merah" yang artinya jangan sekali-sekali melupakan sejarah.
Dengan belajar sejarah maka suatu bangsa dapat mengenal bagaimana bangsanya terdahulu, sehingga dapat digunakan sebagai pedoman dikehidupan dimasa kini dan masa yang akan datang.Kejayaan dan keterpurukan suatu bangsa dimasa lalu akan dapat diketahui, sehingga dapat menimbulkan spirit bagaimana dapat meraih kejayaan itu lagi dan bagaimana usaha bangsa tersebut supaya tidak terpuruk untuk yang kedua kalinya.
Menurut Sir John Sceley , belajar sejarah dapat membuat orang menjadi bijaksana.Sedangkan Nugroho Noto Susanto berpendapat sejarah mempunyai kegunaan :
  • Guna Edukatif, yaitu sejarah dapat memberi kearifan dan kebijaksanaan bagi yang mempelajarinya, karena semangat yang sebenarnya dari kepentingan mempelajari sejarah adalah nilai kemasakinian. Sehingga sejarah dapat untuk memotivasi bagi usaha untuk memecahkan masalah-masalah saat ini dan untuk memprediksikan masa yang akan datang.
  • Guna Instruktif, yaitu sejarah dapat memberikan penjelasan mengenai keterampilan / pengetahuan.
  • Guna Inspiratif, peristiwa-peristiwa sejarah dapat memberikan ilham untuk mendapatkan ide-ide / konsep yang dapat berguna dalam pemecahan masalah masa kini.
  • Guna rekreatif, sejarah pada dasarnya merupakan suatu karya seni, sehingga dapat memberikan kesenangan bagi yang mempelajarinya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sangad brilian

Melda mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak..
Apa kabar....